MailCatcher: Alternatif Mailtrap

Mailtrap merupakan layanan SMTP yang sangat membantu dalam melakukan testing pengiriman email, dengan adanya mailtrap testing pengiriman email tidak membutuhkan Mailbox sungguhan, cukup setting mailtrap sebagai smtp server maka semua email yang terkirim akan masuk ke mailbox mailtrap.

Mailtrap menyediakan paket gratis dengan batas maksimal 50 email dan rate pengiriman 2 email/detik. Paket gratis tersebut kadang tidak cukup untuk melakukan test pengiriman, misalnya ingin menguji pengiriman ke banyak email dengan menggunakan Queue. Alternatif lain yang benar – benar gratis adalah MailCatcher.

MailCatcher adalah proyek opensource yang dibuat dengan Ruby, ia memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Mailtrap: menjalankan SMTP, menangkap email dan menampilkan secara realtime melalui browser. Walaupun tidak memiliki fungsi analisis yang detail seperti Mailtrap, MailCatcher cukup layak digunakan karena gratis dan dapat dijalankan Offline.

Petunjuk instalasi dapat dilihat pada github mereka, pada tulisan ini saya akan menjelaskan bagaimana menginstalnya pada OS Debian 9.

1. Install ruby dan kawan – kawannya

sudo apt-get install ruby ruby-dev rubygems libsqlite3-dev

2. Install Mailcatcher

sudo gem install mailcatcher

Selesai

3. Jalankan Mailcatcher

mailcatcher --http-ip=0.0.0.0

secara default SMTP mailcatcher berjalan di localhost port 1025.
jika anda menggunakan komputer lain untuk testing maka anda harus menugaskan mailcatcher untuk berjalan di alamat IP yang dapat anda akses, misalnya jalankan disemua ip:

mailcatcher --smtp-ip=0.0.0.0 --http-ip=0.0.0.0

secara default halaman web mailcatcher berada di port 1080

Jangan lupa sebelum testing pastikan SMTP server aplikasi anda telah menggunakan alamat SMTP server yang dibuat oleh mailcatcher tanpa username dan password.

Happy Testing….

Reference

Kadek Jayak
Seorang Web Developer di Denpasar Bali. Nulis blog hanya sekedar iseng dan berbagi pengalaman.
%d blogger menyukai ini: