Konfigurasi Alert pada Observium

Adanya fitur Alert pada Observium membuat pengawasan server jadi lebih mudah karena tidak perlu mengecek perangkat secara terus menerus. Alert atau peringatan yang bisa terkirim instan memungkinkan kita mengetahui kondisi terkini dan mengambil keputusan dengan cepat untuk menangani gangguan.

Observium memiliki fitur alert dengan berbagai macam transport, beberapa yang pernah saya gunakan adalah, E-Mail, Telegram, dan Slack. Transport dengan Slack telah dihapuskan pada versi aplikasi terakhir (2020), namun tetap dapat digunakan dengan memilih External program.

Pada Artikel ini saya akan membagikan beberapa konfigurasi alert yang telah saya gunakan untuk memonitoring server. Bagi yang belum menginstall Observium silahkan baca postingan sebelumnya: Setup Observium untuk Monitoring Server

1. Membuat Alert Checker

Alert Checker adalah bagian yang berfungsi melakukan pengecekan. Checker pada observium dapat melakukan pengecekan pada banyak kondisi, misalnya CPU, Storage, RAM, Port, atau sensor lainnya.

Checker dapat dibuat melalui menu bola dunia -> Alert Checks -> Create New Checker kemudian pilih jenis entitas atau perangkat yang akan dicek. Setiap entitas memiliki test condition yang berbeda – beda.

Observium Create new Cheker

Dibawah ini beberapa contoh alert checker yang pernah saya gunakan pada observium.

Alert Bila Perangkat Down

Mengirim peringatan bila perangkat mati atau tidak dapat diakses.

  • Entity Type: Device
  • Test Condition: device_status equals 0
Observium Device Down Checker

Alert Kapasitas Storage / Hardisk

Mengecek kapasitas penggunaan storage, pada contoh dibawah ini mengirim peringatan bila penggunaan storage pada root mount point ( / ) sudah 96% dari total kapasitas.

  • Entity Type : Storage
  • Test Condition: storage_perc greater 96
  • Ruleset: storage_descr eq /
Observium Storage Checker

Alert Penggunaan Memory

Ketersediaan memory sangat penting untuk dijaga agar aplikasi pada server dapat berjalan tanpa gangguan. Pada contoh di bawah ini alert akan dikirimkan ketika penggunaan memory mencapai 90%

  • Entity Type : Memory
  • Test Condition : mempool_perc greater 90
Observium Memory Checker

CPU Usage

Mengirim alert bila cpu usage mencapai nilai tertentu. Pada contoh dibawah ini alert akan dikirimkan bila cpu usage mencapai 50%

  • Entity Type : Processor
  • Test Condition : processor_usage greater 50
  • Ruleset:
Observium CPU Usage Checker

Selanjutnya Menambah Contact

Kadek Jayak
Seorang Web Developer di Denpasar Bali. Nulis blog hanya sekedar iseng dan berbagi pengalaman.
%d blogger menyukai ini: