Amazfit BIP S : Fitness Tracker Murah

Amazfit BIP S merupakan smartwatch yang memiliki banyak fitur namun dengan harga yang terjangkau. Produk ini merupakan seri produk lanjutan yang dikabarkan memiliki peningkatan dibandingkan versi sebelumnya.

Batere yang tahan hingga 40 hari dan dilengkapi dengan GPS merupakan fitur yang ditonjolkan pada smartswatch ini. Meskipun pada website nya produk ini masuk dalam kategori smartwatch, bagi saya ini adalah Fitness Tracker berpenampilan smartwach dengan extra fitur.

Artikel ini saya buat setelah beralih dari Mi Band 4 ke Amazfit BIP S. Mi Band sudah saya pakai hampir satu tahun, dan ternyata gelang karet pada Mi Band 4 tersebut menjadi agak rapuh seiring usianya sehingga ujungnya putus

Perbandingan Amazfit BIP vs Lite vs S

Sudah ada 3 seri dari produk ini: Amazfit BIP, Amazfit BIP Lite dan Amazfit BIP S. Ketiganya memiliki bentuk yang sama persis, yang membedakan adalah keberadaan fitur dan sensor pada produk tersebut.

Perbandingan spesifikasi ketiga seri tersebut dapat dilihat pada tabel dibawah ini, beberapa data diambil dari situs Gearbest

Amazfit Bip Amazfit Bip Lite Amazfit Bip S
Harga* $67.45 $59.99 $69.99
Warna 4 warna 1 warna 4 warna
Berat 32g 32g
Jenis Layar Reflective color display screen Reflective 8 Color TFT Transflective Color TFT, 64 RGB color gamut
Material Layar Corning gorilla 3rd glass + AF coating
Ukuran Layar 1.28 inch
Waterproof IP69 3ATM 5ATM
Lebar Tali 20mm
Sensor
  • PPG heart rate sensor
  • Air pressure sensor
  • Tri-axial acceleration sensor
  • Geomagnetic sensor
  • PPG heart-rate sensor
  • 3-axis acceleration sensor
  • BioTracker PPG biological tracking optical sensor
  • 3-axis acceleration sensor
  • 3-axis geomagnetic sensor
  • Ambient light sensor
Sports mode 4 10
Battery 190mAh Li-Po Battery 200mAh Li-Po Battery
Charge time 2.5 hours
Ketahanan Batere
  • Up to 45 days in a typical use scenario
  • Standby: 4 months
  • GPS mode: 22 hours
  • Up to 45 days in a typical use scenario
  • Standby time: Up to 120 days
  • Up to 40 days in a typical use scenario
  • Standby time: Up to 120 days
  • GPS mode: 22 hours
GPS GPS+GLONASS No GPS GPS+GLONASS
Koneksi Bluetooth 4.0 BLE Bluetooth 4.1 BLE Bluetooth 5.0 BLE
APP Mi Fit Amazfit

Amazfit BIP S merupakan seri terbaru yang dirilis pada Juni 2020, versi lite Rilis di tahun 2019, dan versi BIP biasa sudah ada sejak tahun 2018.

Dari tabel diatas tentu sudah terlihat Amazit BIP S merupakan versi paling superior dibanding yang lainnya, dan dengan harga termahal juga (selisih tipis). Sensor PPG pada Amazfit BIP S juga diklaim lebih baik dibandingkan versi sebelum nya dengan peningkatan akurasi dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Sensor Air Pressure hanya ada pada Amazfit BIP seri pertama, air pressure sensor fungsinya untuk mengetahui tekanan udara yang ada di sekitar, mungkin bisa dibilang Barometer.

Always-On Transflective Display

Penggunaan layar dengan teknologi transflective membuat batere Amazfit BIP tetap awet meskipun layarnya selalu aktif. Layar ini tetap bagus digunakan diluar ruangan, ketika terkena cahaya tulisannya semakin terbaca jelas tanpa perlu menghidupkan backlight.

Ketika berada dalam ruangan layar terlihat lebih redup bila dibandingkan dengan teknologi layar OLED pada smartwatch lainnya, namun tulisan masih dapat terbaca dengan jelas meski tanpa menghidupkan backlight.

Panel layarnya masih menggunakan jenis TFT, tampilan warnanya kalah dengan layar jenis AMOLED, terutama warna hitam nya yang tidak begitu hitam tapi agak kebiruan.

GPS

Fitur GPS jarang ditemui pada produk sejenis dengan rentang harga yang sama. Saya rasa Amazfit BIP merupakan fitness tracker murah yang dilengkapi dengan GPS, bermodel smartwatch namun tetap dengan batere yang kuat.

Keberadaan GPS pada Amazfit BIP S sangat berguna ketika digunakan untuk Jogging dan bersepeda karena tidak perlu membawa handphone untuk melakukan tracking. Sinkronisasi ke handphone dapat dilakukan setelah anda sampai rumah, menurut saya ini sangat praktis.

Kesan Setelah beralih dari Mi Band 4

Supaya artikel ini lebih panjang, saya tuliskan saja kesan saya beralih menggunakan Amazfit BIP S dari Mi Band 4.

Layar Lebih Besar

Layar yang lebih besar membuat tulisan yang tampil pada Amazfit BIP menjadi lebih lengkap dibandingkan dengan Mi Band 4. Pesan dari notifikasi whatsapp dapat saya baca langsung seluruhnya.

Ada GPS

Ketika menggunakan Mi Band 4 saya perlu untuk mengantongi handphone agar lintasan jogging saya terlihat. Dengan Amazfit BIP saya tidak perlu lagi membawa handphone karena GPS sudah ada didalamnya.

Strap Lebih Lebar

Ukuran strap menjadi pertimbangan saya sebelum mebeli smartwatch ini karena ukuran nya lebih besar dari smartband yang biasa saya gunakan. Tapi Setelah digunakan rasanya cukup nyaman, tidak ada rasa gatal meski sudah dipakai seharian penuh. Bobot smartwatch ini pun lumayan ringan jadi tidak telalu terasa ketika digunakan.

Tapi meski ukuran nya lebih besar daripada strap Mi Band 4, saya merasa strap Amazfit lebih lembut/elastis sehingga lebih nyaman digunakan.

Tonjolan Sensor Lebih Besar

Mi Band 4 ketika saya gunakan selalu meninggalkan bekas cekungan dikulit saat dilepas. Pada Amazfit Bit S cekungan nya terlihat lebih samar karena ukuran tonjolan sensornya lebih besar, tonjolan yang lebih besar itu menyebarkan tekanan ke area yang lebih luas sehingga tekanan yang diterima kulit jadi lebih sedikit.

Bagian Belakang Amazfit BIP S

Perlu Pencet Tombol

Tombol pada samping kanan smartwatch ini selain befungsi untuk mengaktifkan backlight ia juga berfungsi untuk mengakses menu/fungsi lain diluar shortcut.

Shortcut adalah daftar menu yang dapat diakses dengan melakukan swipe/geser ke kanan, menu lainnya dapat diakses dengan menekan tombol. Tidak semua menu dapat anda tambahkan ke shortcut.

Menu Workout adalah salah satu menu yang tidak dapat ditambahkan ke shortcut. Untuk memulai olahraga saya harus memencet tombol 2x terlebih dahulu. Baru kemudian menemukan menu Workout, agak kebingunan diawal karena saat menggunakan mi band untuk memulai workout saya hanya perlu geser – geser ke bawah.

Yang saya khawatirkan dari penggunaan tombol mekanis berlebihan adalah cepat rusak/doll.

Kadek Jayak
Seorang Web Developer di Denpasar Bali. Nulis blog hanya sekedar iseng dan berbagi pengalaman.
%d blogger menyukai ini: