Tips Sederhana Merakit Komputer Sendiri

Aksesoris & Perangkat Eksternal

Setelah anda memilih jeroan kemputer, maka selanjutnya memburu aksesoris untuk komputer tersebut misalnya Casing, Kipas, Lampu, dll.

Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan casing adalah kompatibilitas casing tersebut dengan ukuran motherboard, atau sering disebut Form-Factor. Ada 3 Form factor yang ada pada komputer desktop: ITX, M-ATX (Micro ATX), dan ATX. Ukuran Panjang VGA juga perlu anda perhatikan bila akan menggunakan casing berukuran kecil.

Selain tentang ukuran, anda juga perlu memperhatikan ketersedian tempat peripheral tambahan seperti misalnya jumlah tempat hardisk, kelengkapan front-panel (Mic, Headphone, lampu, dll), USB3, tempat CD/DVD rom, dll.

Ketika Merakit Komputer

Beberapa tips dari saya yang mungkin berguna ketika anda merakit komputer sendiri:

Motherboard, CPU & RAM terlebih dahulu

Jangan memasang motherboard ke casing terlebih dahulu. Rakitlah RAM, prosesor dan pendinginnya menjadi satu kesatuan sebelum dimasukan ke dalam casing. Merakit komponen tersebut diluar casing akan jadi lebih mudah karena apabila sudah berada didalam casing ruang gerak anda akan terbatas. Selain itu, motherboard yang sudah di-mount ke casing akan lebih rentan tertekuk oleh tekanan ketika anda memasang komponen pada slotnya.

Pendingin Menempel Sempurna

Pastikan heatsink pendingin prosesor terkunci dan menempel sempurna ke permukaan prosesor. Bila pendingin tidak menempel sempurna maka prosesor akan menjadi cepat panas yang berdampak pada stabilitas komputer tersebut (cepet heng).

Mulai Dari Kabel Kecil

Didalam casing ada beberapa kabel dengan ukuran berbeda. Pinggirkan semua kabel terlebih dahulu kemudian hubungkan kabel/konektor mulai dari yang ukurannya paling kecil.

Kabel front-panel tempat indikator lampu dan power switch biasanya berukuran kecil dan pin nya agak sulit dilihat pada motherboard, mulailah pada bagian tersebut terlebih dahulu. Kemudian pasang kabel data, dan yang terakhir kabel power ke motherboard dan ke masing masing komponen.

Rapikan kabel agar tidak menghalangi putaran kipas. Casing jaman sekarang biasanya sudah dilengkapi fitur cable management. Kabel – kabel biasanya diselipkan melalui bawah motherboard atau dibalik casing sehingga tidak ada kabel yang terlihat bersliweran. Gunakan kabel ties bila diperlukan.

Bad Cable Management
Taken from Corsair Blog

Good Cable Management
Taken from Corsair Blog

Sekian artikel ngalor-ngidul ini saya buat, semoga bermanfaat.

Kadek Jayak
Seorang Web Developer di Denpasar Bali. Nulis blog hanya sekedar iseng dan berbagi pengalaman.
%d blogger menyukai ini: