Tips Sederhana Merakit Komputer Sendiri

Merakit komputer sendiri memberikan anda kebebasan dalam hal pememilihan komponen yang akan digunakan. Anda dapat bebas memilih komponen mana yang akan dimaksimalkan. Merakit komputer sendiri dapat menjadil alternatif yang lebih murah bila dibandingkan dengan membeli komputer yang sudah build-up

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan merakit sebuah komputer.

Tentukan Kebutuhan

“Komputernya mau dipake untuk apa?” pertanyaan yang saya dapatkan ketika dulu membeli komputer pertama saya.

Komputer saat ini tidak hanya digunakan untuk bekerja, tetapi juga sebagai sarana hiburan seperti bermain game. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan mungkin berbeda – beda untuk dapat menunjang hal tersebut.

Punya komputer mahal mungkin bisa nyaman digunakan untuk banyak hal. Namun keterbatasan dana kadang membuat anda harus pintar memilih bagian mana yang akan lebih dimaksimalkan.

Sebagai contoh, komputer kasir yang tugasnya hanya entry data ke server tidak butuh prosesor yang cepat. Dengan Intel Celeron atau Intel Atom pun kadang sudah cukup untuk menghandle keperluan tersebut.

Sedangkan pada keperluan administrasi kantoran standar seperti membuka email, Microsoft Word, dan browsing. Komputer dengan prosesor kelas Entry-Level atau Medium dengan RAM 4~8GB biasanya sudah cukup.

Aktivitas yang memerlukan spesifikasi tinggi adalah yang berkaitan dengan multimedia. Seperti misalnya editing video, desain grafis, dan main game berat yang grafis nya ciamik.

Aktivitas Programming juga membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi terutama pada komponen Memory dan CPU untuk kelancaran ketika meng-compile.

Kadek Jayak
Seorang Web Developer di Denpasar Bali. Nulis blog hanya sekedar iseng dan berbagi pengalaman.
%d blogger menyukai ini: