Mengakses situs yang diblok

Pemerintah indonesia saat ini sedang gencarnya memblok situs – situs yang melanggar aturan misalnya penyebar content pornografi dan pelanggaran Hak cipta. Provider yang paling getol melakukan hal ini salah satunya adalah Telkom dan anak perusahaan nya, baik itu Telkomsel maupun jaringan Wifi.id yang saat ini banyak tersebar di tempat – tempat tongkrongan keren.

Blocking yang dilakukan oleh Telkom menurut saya adalah yang paling “Tebal” jika dibandingkan dengan operator – operator seluler lain nya, karena selain melakukan filter di bagian DNS, telkom juga kadang menerapkan filter di bagian IP Address (lo ganti DNS aja gak cukup kalo mau loncatin)

ada cukup banyak cara untuk mengakses situs yang diblok, di artikel ini akan dibahas dari yang mudah sampai ke yang biasa (yang sulit tidak dibahas).

Mengganti DNS

DNS adalah Domain Name System, fungsi dari DNS sendiri adalah menerjemahkan nama host ke IP Address dan merupakan bagian yang cukup penting dalam kegiatan internetan karena prosess “Resolving host” lebih dulu dilakukan sebelum dapat berkomunikasi ke server tujuan. Memfilter website di level DNS banyak dilakukan oleh operator di Indonesia dan cara untuk mengakalinya pun cukup mudah, karena kita hanya perlu mengubah layanan DNS yang kita gunakan di komputer kita ke layanan DNS lain misalnya DNS nya google.

caranya ada disini https://developers.google.com/speed/public-dns/docs/using

8.8.8.8 dan 8.8.4.4 adalah alamat dns google, ini juga alamat keramat yang biasanya dipakai oleh IT Support untuk melakukan uji koneksi alias Ping.

setelah DNS diganti, website yang diblok oleh operator biasanya bisa langsung terakses, kalo masih muncul internet positif, coba clear cache ato ganti pake browser lain, tapi kalo respon browsernya “domain tidak ditemukan”, mungkin itu karena alamat dns di blok ama operator mu, solusinya ya cari Server DNS lain misalnya OpenDNS, tapi kalo tetep gk lolos, coba baca cara berikutnya.

Mengganti DNS ke yang bukan milik operator kemungkinan dapat meniadakan layanan spesial yang disediakan oleh operator, misalnya mau cek quota tri di http://internet.tri.co.id kadang tidak bisa dilakukan ketika DNS nya bukan milik operator tri

Menggunakan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN bekerja dengan cara melewatkan trafik ke server mereka, metode ini lebih sering berhasil daripada metode mengganti DNS diatas, namun keamanan dan privasi data pada aplikasi VPN ini tidak terjamin (apalagi yang gratisan), karena kita melewatkan data ke server mereka. Bisa saja si penyedia aplikasi VPN mengambil informasi penting yang lewat ke jaringan mereka, tapi kalo yang kita buka tidak penting ya jangan di ambil pusing, cukup pake aja.

Ketika menggunakan Public VPN, hindari membuka  website atau melakukan transmisi data yang bersifat sensitif, misalnya membuka Internet Banking, atau mengecek email ke Server tanpa Enkripsi.

Aplikasi yang cukup simple dan gratis menurut saya adalah Betternet, bisa untuk windows, mac, android, bahkan ada extension untuk Chrome. penggunaan Betternet cukup mudah, setelah install akan ada 1 tombol saja di aplikasi tersebut yaitu “Connect”, cukup klik itu saja koneksi VPN sudah bisa dibuat tanpa registrasi ato verifikasi apapun! , mungkin muncul iklan sekali tapi gpp lah kalo cuma sekali.

Aplikasi lain yang sejenis adalah ZenMate, di ZenMate ada fitur Premium yang menyediakan koneksi lebih cepat (tapi tetep lelet kalo sinyal masih EDGE!)

Di Google Play aplikasi VPN sangat banyak, cukup cari dengan keyword VPN / Free VPN.

Manfaat lain dari penggunaan VPN adalah dapat memperbaiki koneksi yang lambat, misalnya link international dari operator sedang gangguan, nah kalo pakai VPN yang servernya ada di indonesia kemungkinan besar koneksi bisa cepat. tapi kalo paket internet mu adalah paket hemat yang kecepatan nya macet, jangan berharap kecepatan pada VPN.
VPN juga banyak digunakan untuk game online guna mensiasati Latency/Ping jaringan yang besar, tentunya dengan disertai konfigurasi yang benar.

Metode Lain :

Selain 2 cara diatas ada beberapa trik sederhana yang bisa digunakan (kadang tidak berhasil) :

  1. Memanfaatkan Google Translate
    yap, selain dapat menerjemahkan Text, google translate juga dapat menerjemahkan seluruh isi website dengan memberikan alamat url nya.
  2. Pakai Opera Mini
    Opera mini memiliki fitur seperti proxy, cukup dengan mengaktifkan “Data Saver” kadang kita bisa lolos dari filter operator
  3. Pakai SSH
    SSH biasanya digunakan untuk keperluan remote server, namun ia dapat juga digunakan untuk melakukan “Tunnel”. Pemanfaat SSH untuk tunnel sangat rumit untuk orang awam, dan tentunya tidak semua orang memiliki akun ssh, silahkan baca artikel saya untuk mengetahui lebih lanjut: Bypass Block dengan SSH Tunnel
Kadek Jayak
Seorang Web Developer di Denpasar Bali. Nulis blog hanya sekedar iseng dan berbagi pengalaman.
%d blogger menyukai ini: