Plugin WordPress yang berguna

WordPress merupakan CMS opensource yang banyak digunakan untuk membuat blog, website bahkan app. Kode wordpress yang sederhana serta didukung dengan dokumentasi yang lengkap membuatnya sangat mudah untuk dipelajari. Pilihan plugin yang berlimpah memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur baru dengan cepat bahkan tanpa perlu pengetahuan programming.

Berikut adalah plugin – plugin wordpress yang sering saya gunakan baik dalam pembuatan web company profile maupun sebuah web app.

Contact Form 7

Contact form merupakan salah satu cara pengunjung untuk menghubungi pemilik website. Plugin Contact form 7 sangat mudah untuk digunakan, ia memanfaatkan shortcode untuk menampilkan contact form. Menggunakan ajax untuk submit, support captcha, dan dapat diperluas lagi fungsinya dengan tambahan plugin seperti Contact Form 7 Database Addon 

Hampir semua kebutuhan contact form dapat dipenuhi oleh plugin contact form 7 sehingga anda tidak perlu membuat fungsi contact form dari awal.

Custom Field Suite

Terkadang ketika membuat post kita perlu menambahkan sebuah data baru yang terpisah dari post content, salah satu cara nya adalah menggunakan Custom Field. WordPress menyediakan fitur Custom Field secara default, namun jika ingin menambahkan field khusus seperti image, true/false, textarea, anda dapat menggunakan Plugin Custom Field Suite untuk mengakomodir hal tersebut.

Plugin Custom Field Suite tersedia gratis dan sejauh ini ia tidak menambahkan popup yang mengganggu pada halaman admin. Bila anda memiliki budget lebih mungkin anda dapat mencoba plugin berbayar Advanced Custom Field yang memiliki pilihan field lebih banyak dan API yang lebih kompleks (menurut saya).

Wordfence Security

Wordfence merupakan plugin yang berfungsi sebagai Firewall untuk mengamankan wordpress anda dari hackers. Wordfence dapat memblok trafik yang mencurigakan seperti Sql Injection, spammer, dan bot yang melakukan brute-force. Ia juga dapat digunakan untuk melakukan scan malware pada seluruh file website termasuk file core wordpress. Versi gratis nya sudah cukup membantu mengamankan website anda ditambah adanya fitur Two-Factor Authentication.

WP Mail SMTP

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengirim email di internet. Dengan konfigurasi yang tepat pada server email dan adanya autentikasi tambahan (DKIM, SPF, dll) dapat meningkatkan kemungkinan email sampai ke Inbox tujuan, bukan berakhir di folder spam.

Mengirim email dengan layanan server SMTP eksternal bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah email yang tidak terkirim atau masuk spam. WP Mail SMTP adalah plugin yang dapat mengalihkan pengiriman email pada WordPress ke Server email eksternal. Selain mendukung SMTP server biasa, plugin ini juga mendukung untuk penggunaan layanan yang menggunakan API Key seperti Google, Mailgun, dan Sendgrid, sangat membantu jika hosting anda memblok akses ke port email eksternal 😀

Yoast SEO

SEO dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang berasal dari search engine. Yoast SEO merupakan plugin SEO untuk wordpress yang paling populer, dengan plugin ini anda dapat menambah meta description, membuat sitemap, mempercantik tampilan website ketika di share ke media sosial, dan banyak hal lain nya.

Autoptimize

Website akan terasa berat ketika memiliki banyak assets (JS & CSS). Autoptimize dapat menggabungkan dan mem-minify assets sehingga ukuran nya lebih kecil dan website tampil lebih cepat pada browser. Selain melakukan minify, opsi yang dimiliki plugin ini pun cukup lengkap.

Kadek Jayak
Seorang Web Developer di Denpasar Bali. Nulis blog hanya sekedar iseng dan berbagi pengalaman.
%d blogger menyukai ini: