Tips Sederhana Merakit Komputer Sendiri

Tentukan Komponen

Setelah mendapat bayangan komputernya akan digunakan untuk apa, selanjutnya adalah menentukan komputernya ingin secepat apa.

Sebagian orang berpikiran, masalah komputer lambat dapat diatasi dengan memasang prosesor yang cepat. Padahal ada banyak hal penyebab dari lambat nya kinerja komputer itu.

Untuk mendapatkan potensi optimal dari komputer tersebut, komponen didalamnya haruslah seimbang. Menggunakan prosesor paling mahal & cepat tidak selalu dapat mendongkrak kinerja komputer pada semua bidang.

Pada komputer kantoran, Keluhan komputer yang loading nya lambat sering bisa diatasi hanya dengan mengganti Hardisk nya menjadi SSD.

Bila anda akan merakit komputer sendiri, Ada 4 komponen komputer yang menurut saya dapat berpengaruh langsung ke performanya:

1. Prosesor

Prosesor sering dianggap sebagai otak pada komputer, ia bertugas melakukan operasi aritmatika, logika, dan mengatur hampir keseluruhan proses input/output pada komputer. Spesifikasi kecepatan prosesor disebut dengan clock speed, biasanya ditulis dalam satuan Giga Hertz (GHz). Namun nilai tersebut tidak selalu menggambarkan performanya, karena terdapat parameter lain didalam prosesor yang juga mempengaruhi kinerjanya seperti generasi, arsitektur, instruction set, cache, dll.

Prosesor

Saat artikel ini dibuat, ada 2 prosesor yang umumnya digunakan pada komputer desktop yaitu Intel dan AMD. Untuk kelas consumer biasa, kasta prosesor kurang lebih dapat dikategorikan seperti dibawah ini:

Processor\KelasLow/Entry-LevelMediumHigh-End
IntelCore i3Core i5Core i7
AMDRyzen 3Ryzen 5Ryzen 7

Jadi misalnya anda ingin membuat komputer kelas Entry-Level maka anda punya 2 pilihan prosesor, yaitu: Core i3 dari Intel, atau menggunakan Ryzen 3 dari AMD. Tabel diatas hanya produk yang sering digunakan saja, kedua produsen itu punya lini produk lain seperti Xeon dan Threadripper yang target consumernya berbeda.

Bila budget anda terbatas, anda dapat melirik seri prosesor lainnya seperti Intel Celeron, atau AMD Athlon. Prosesor tersebut biasanya memiliki harga lebih murah.

Saat artikel ini dibuat, keberadaan AMD Ryzen mulai menggeser dominasi Intel pada pasar prosesor. Prosesor AMD Ryzen memiliki harga yang lebih murah namun kinerjanya sama bahkan lebih bila dibandingkan dengan prosesor Intel.

Satuan kecepatan prosesor (GHz) tidak selalu mencerminkan kinerjanya. Untuk mengetahui kinerja prosesor sesungguhnya, saya lebih tertuju kepada hasil benchmark atau pengujian yang sudah dilakukan dengan software tertentu. Situs acuan saya adalah: https://www.cpubenchmark.net/, mereka memiliki data yang cukup lengkap.

Halaman PassMark

2. Memory / RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen yang terhubung langsung ke prosesor dan bertugas sebagai penyimpanan sementara. RAM digunakan sebagi tempat untuk menampung aplikasi yang sedang berjalan dan juga sistem operasi itu sendiri.

RAM

Semakin besar kapasitas RAM biasanya semakin banyak program yang dapat anda buka sekaligus. Produsen RAM biasanya hanya mencantumkan kapasitas (GB), kecepatan (MHz), PC-Rating, dan timing pada produk mereka.

Agar nyaman digunakan untuk multitasking atau membuka banyak aplikasi, saya sarankan pasang minimal RAM berukuran 4GB. Bila anda mengejar performa, pasanglah beberapa keping RAM dengan konfigurasi Dual-Channel.

Bila ditelisik lebih lanjut, RAM tidak selalu hanya tentang kapasitas/ukuran. Kinerja RAM juga dapat diukur dari benchmark. Ada 3 nilai yang mungkin perlu anda lihat yaitu: Write Speed, Read Speed, dan latency. Situs acuan saya untuk benchmark RAM adalah https://www.memorybenchmark.net/

3. VGA

VGA atau Video Graphic Adapter merupakan komponen yang bertugas mengolah data agar dapat ditampilkan ke layar monitor. Komponen ini akan erat kaitannya dengan performa komputer dalam urusan rendering. Entah itu rendering Video, Game, atau Grafis. Orang biasanya invest pada komponen ini bila ia adalah seorang Gamer, Video Editor, atau desainer.

VGA

Beberapa prosesor sudah memiliki VGA yang terintegrasi didalamnya, namun kinerjanya bagi sebagian orang kurang memuaskan. Hampir semua prosesor Intel sudah memiliki VGA yang terintegrasi, jadi anda tidak perlu memasang VGA lagi kecuali memang diperlukan. Pada prosesor AMD, fungsi VGA terdapat pada seri prosesor dengan akhiran huruf G dibelakang nya, misalnya Ryzen 5 2200G atau 3400G

Pada saat artikel ini dibuat, ada 2 produsen VGA yang banyak digunakan pada komputer desktop, yaitu NVIDIA dengan seri GeForce nya, dan AMD dengan seri Radeon nya. Seri lainnya seperti NVIDIA Quadro dan AMD FirePro lebih ditujukan kepada kalangan professional.

Dengan berkembangnya teknologi, saat ini VGA tidak hanya digunakan untuk urusan grafis. Dengan cara tertentu VGA dapat digunakan untuk menangani operasi komputasi, misalnya memecah kata sandi/enkripsi dan Mining Cryptocurrency.

5. Storage ( HDD / SSD )

Storage atau media penyimpanan akan akan bepengaruh terhadap kecepatan komputer ketika awal dihidupkan (startup) dan ketika akan membuka aplikasi/file berukuran besar.

Saat ini ada 2 jenis Storage atau media penyimpanan data yang banyak digunakan pada komputer.

a. Hard Disk Drive / HDD

Hardisk merupakan media penyimpanan yang sudah digunakan sejak lama. Didalam hardisk terdapat piringan magnetis yang berputar ketika beroperasi. Hardisk sangat sensitif terhadap guncangan dan jangan pernah dekatkan magnet ke hardisk karena akan merusak data didalamnya. Hardisk merupakan media penyimpanan yang terjangkau bila dibandingkan dengan SSD / Solid State Drive. Namun jangan mengharapkan komputer yang cepat bila masih menggunakan jenis penyimpanan ini.

b. Solid State Drive / SSD

SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan chip/flash memory. SSD memiliki kinerja yang sangat cepat, sangat jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan Hardisk biasa. Bila anda ingin komputer yang cepat ketika pertama dihidupkan, atau responsif ketika akan membuka aplikasi sebaiknya anda menggunakan SSD sebagi media penyimpanan. Harganya memang lebih mahal bila dibandingkan dengan HDD, namun sebanding dengan kinerja yang anda dapatkan.

Bila anda seorang bos yang sedang mecarikan komputer/laptop untuk pegawainya. Carilah perangkat yang sudah menggunakan SSD agar pegawai anda senang, meskipun dengan ukuran kecil, kecepatan dari SSD dapat meningkatkan produktifitas karena mengurangi pegawai tersebut untuk diam dikarenakan menunggu komputer loading.

Seorang Web Developer di Denpasar Bali. Nulis blog hanya sekedar iseng dan berbagi pengalaman.

Eksplorasi konten lain dari Kadek Jayak

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Exit mobile version